Halloo man temannnnn, kali ini saya akan membagikan informasi terkait Patch 7.06 teranyar dari DOTA2 yang digunakan untuk TI 7 tahun ini akhirnya diganti juga! Setelah bertahan selama kurang lebih 5 bulan, para fans Dota 2 sudah bosan setengah mati menunggu update Dueling Fates yang dijanjikan oleh Valve! Akhirnya pada tanggal 1 November 2017 Valve secara resmi merilis patch notes di website mereka, berikut ini perubahan perubahan yang terjadi di DOTA2 diantaranya :

  1. Munculnya 2 Hero baru yakni Pangolier dan Dark Willow

Sudah berisikan lebih dari 100 hero, nampaknya Valve masih berambisi menambah jumlah tersebut dengan mendatangkan hero baru yaitu Pangolier dan juga Dark Willow! Hero yang videonya sudah ditampilkan di TI 7 ini mulai muncul kepermukaan!

Hero pertama Pangolier hero Melee weapon yang bisa berperan sebagai Carry dan Nuker. Skill-nya terdiri dari Swashbuckle di mana ia menggelinding dan melancarkan serangan, Shield Crash yang membuatnya menhentakkan tanah danĀ  mendapatkan damage reduction.

Kemudian ada skill pasif yaitu Heartpiercer yang membuat serangannya dapat memberikan efek slow dan juga menghilangkan armor lawan. Terakhir ultimate skill-nya yaitu Rolling Thunder membuatnya bergelinding menerjang musuh!

Kemudian bagi Dark Wilow ia memiliki kelas Ranged, Support, dan Nuker. Berbekal lima skill aktif, hero ini punya potensi menjadi support atau carry yang berbahaya!

Skill pertamanya bernama Bramble Maze membuatnya bisa mencitapakan labirin dengan efek root. Kemudian Shadow Real membuatnya kebal dari skill target musuh. Skill Cursed Crow membuat musuh yang terkenanya akan meledak dan terkena efek stun!

Untuk ultimate-nya sendiri terdiri dari dua skill yang tidak dapat digunakan secara bersamaan. Skill pertama bernama Bedlam yang membuat Jax peri kecil milik Dark Willow berputar di sekelilingnya dan menembaki musuh!

Satu lagi yaitu Terrorize membuatnya melemparkan Jax ke area tertentu dan menyebabkan efek fear pada musuh di area tersebut! Penasaran dengan hero di Dueling Fates ini? Pelajari dulu sebelum memainkannya ya!

2. Ranked Season

Akhirnya permasalahan serius mengenai MMR Dota 2 dijawab Valve pada update Dueling Fates ini. Sistem MMR Dota 2 yang dianggap membosankan dan justru malah menambah gap antara pemain pro dan pemain kasual nampaknya akan berubah. Dengan sistem Ranked Season ini, sekarang MMR para pemain akan dikalibrasi setiap 6 bulan sekali. Dan setiap pemain berhasil mencapai MMR tertentu mereka akan mendapatkan medali atas pencapaiannya tersebut.

Fitur ini sebenarnya sudah cukup populer di MOBA lain seperti League of Legends yang menerapkan sistem musiman dan juga medali. Harapannya dengan sistem ini pendistribusian MMR dapat merata dan membuat para pemain kembali bersemangat.

Sistem ini memang belum dijelaskan secara menditail oleh Valve, namun keberanian mereka untuk menerapkan sistem Ranked Season pada update Dueling Fates ini patut diacungi jempol.

3. Turbo Mode

Dota 2 terkenal sebagai game yang sangat tidak bersahabat bagi pemain baru. Game yang rumit dan kompleks membuat para pemain baru kebingungan memainkan game ini secara penuh! Valve berencana mengatasi masalah tersebut dengan Turbo Mode ini. Turbo Mode adalah mode permaian all pick yang lebih cepat karena gold dan exp yang diperoleh akan lebih banyak, tower yang lebih lemah, dan juga respawn time yang lebih cepat! Oiya kamu juga bisa membeli item di mana pun tanpa harus pergi ke shop.

Mode ini dirasa sangat cocok untuk bermain santai dan juga mengenalkan Dota 2 pada para pemain baru karena Turbo Mode akan berjalan sangat cepat dan tidak membosankan. Mode ini juga sangat cocok untuk mencoba build atau strategi baru karena sifatnya yang singkat dan tidak memerlukan banyak waktu! Cukup menarik dan belum pernah terlihat di MOBA PC lainnya. Kembali belum banyak penjelasan Valve mengenai Turbo Mode ini apakah akan tersedia dalam ranked match atau memang hanya ditujukan bagi permaianan kasual atau Pemain baru saja.

4. New Item

Dota 2 termasuk game besar yang tidak ragu untuk merubah pola permainannya secara drastis. Terbukti kali ini Dota 2 kembali kedatangan 5 item baru yang siap untuk dimainkan.

AEON DISK
METEOR HAMMER
NULLIFIER
SPIRIT VASSEL
KAYA

 

 

 

Item tersebut adalah Meteor Hammer, Spirit Vessel, Aeon Disk, Kaya, dan juga Nullifier. Dari kelima item tersebut, hanya Kaya dan Aeon Disk yang merupakan item pasif sedangkan sisanya adalah item aktif yang dapat memberikan efek tertentu saat ditekan.

Item yang cukup menarik untuk disimak adalah Meteor Hammer yang memberikan efek aktif yang dapat mengasilkan meteor dengan efek damage AoE! Cukup menarik karena efek ini dan belum ada sebelumnya di sejarah Dota 2.

Kehadiran 5 item ini juga diiringi dengan penyesuaian beberapa item lama seperti perubahan bahan juga stat dari Necronomicon dan penghilangan efek True Strike pada Monkey King Bar.

Sayangnya item-item tidak populer seperti Helm of Dominator dan Drum of Endurance tidak mendapat sentuhan khusus pada update Dueling Fates ini. Karena cukup banyak perubahan yang penting, untuk lebih lengkapnya silahkan cek di website resmi Valve.

5. Nerf dan Buff

Salah satu keniscayaan yang hadir dari setiap update Dota 2 adalah buff atau nerf yang akan diterima para hero di meta saat ini. Tidak terkecuali pada update Dueling Fates ini, banyak hero populer pada patch sebelumnya terkena nerf yang cukup parah.

Selain menyesuaikan semua Talent Tree hero Dota 2, beberapa hero mendapat penyesuaian khusus seperti mekanisme Leap milik Mirana yang dapat dilakukan sebanyak 3 kali dan juga hilangnya efek invisibility dari Broodmother.

Akankan Necrophos tergeser dari META..

Mulai dari hero support populer seperti Lich sampai hero carry seperti Necrophos termasuk hero yang terkena nerf parah pada update Dueling Fates kali ini. Sebaliknya hero tidak populer seperti Wraith King dan Shadow Fiend mendapat buff yang cukup penting.

Intinya dari perubahan buff dan nerf ini para pemain harus menyesuaikan terlebih dahulu dan biarkan permainan bergulir beberapa lama untuk melihat meta baru berkembang, Menurutmu meta baru seperti apa yang akan muncul, Update Dueling Fates sebenarnya masih membawa banyak perubahan seperti penghilangan dan penyesuaian bangunan berjenis Shrine sampai dengan rumus perhitungan angka regenerasi!

Update yang tergolong besar ini bisa jadi langkah Valve untuk menjaga Dota 2 sebagai salah satu game populer ditengah gempuran game-game baru seperti PUBG dan juga MOBA Mobile seperti AoV yang semakin hari semakin populer.

Terbukti angka jumlah pemain Dota 2 sempat mengalami penurunan drastis pada September 2017 lalu. Hal tersebut diperkuat dengan data dari Twitch yang menunjukan bahwa jumlah penonton Dota 2 terus berkurang dari waktu ke waktu.

Kehadiran patch Dueling Fates ini menjadi semacam jawaban sekaligus perjudian Valve untuk menyelamatkan Dota 2 dari jurang popularitas yang terus merosot belakangan ini.

Kita tunggu saja apakah Dueling Fates ini berhasil membawa Dota 2 kembali sebagai esport populer nomor satu atau justru sebaliknya.