Meskipun kita sudah sering menggunakan microsoft word tapi terkadang ada beberapa tips dan trik yang belum kita ketahui. Padahal, tips dan trik tersebut kalau kita kuasai akan sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Nah, Berikut ini saya tunjukkan beberapa Trick cepat dalam menjalankan microsoft word yang mungkin kamu belum mengetahuinya.  Tips dan Trik Microsoft Word ini saya bagi ke dalam dua kelompok. Pertama tips trik menggunakan mouse dan yang kedua tips trik menggunakan kombinasi tombol keyboard atau biasa disebut short key.

Oke, langsung aja kita simak trik cepat untuk belajar microsoft word berikut ini.
  1. Mengubah spasi antar huruf

    Pilih teks yang akan diubah spasinya -> klick Home-> Klik pada group Font pojok kanan bawah yang memiliki tanda panah -> klick tab character spasing-> pada kolom spacing pilih Expanded-> tentukan berapa pt spasi yang diinginkan-> klik OK.

  2. Mengubah spasi antar baris

    Blok paragraf-> klik Home -> pada pojok kanan bawah group paragraf -> pada kolom line spacing tentukan jarak spasi yang diinginkan -> klik OK.

  3. Menambahkan Comment Box

    Jika Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau relasi kerja Anda, tak perlu menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat yang mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari kalimat lalu klik tab “Review” lalu pilih “New Comment”

  4. Membuat daftar dengan Keyboard

    Anda bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol cukup dengan menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan “Enter” secara otomatis MS Word akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.

  5. Menambahkan Bookmark ke Dokumen

    Anda sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca langsung oleh Bos atau relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat lebih mudah membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab “Insert” di kolom “Links” klik “Bookmark” ketikkan nama halaman yang diinginkan lalu klik “Add”. Klik format

  6. Atur Auto Correct

    Pernahkah Anda mengetikkan kata teh yang kemudian berubah menjadi the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang sangat berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab “File” lalu pilih “Options” klik “Proofing” dan klik “Auto Correct Options…” di tab Auto Correct terdapat kolom ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata tersebut di kolom bawah dan klik Delete.

  7. Mengatur jarak tabulasi

    Klik pada ruler sesuai dengan keinginan sampai ada tanda hitam pada ruler tersebut

  8. Mengatur word 2007 dengan style 2003

    Klik Home -> klik Change Styles -> klik Style Set -> klik word 2003.

  9. Mengganti teks dalam jumlah banyak

    Klik Home -> klik Replace – > pada kolom Find What ketik teks yang akan diganti -> pada kolom Replace With ketk teks penggantinya -> klik Replace All

  10. Memasukkan symbol matematika

    Klik Insert -> Klik Equation

  11. Membuat Foot Note / Catatan Kaki

    Klik Preferences -> klik Insert Foote Note

  12. Menghilangkan ruler

    Klik View -> hilangkan ceklist yang terdapat pada ruler Tips Trik Microsoft Word dengan Short Key.

  13. Menyimpan dengan nama file baru

    -> Tekan tombol F12

  14. Menyimpan ulang

    -> Tekan tombol Ctrl + S

  15. Undo / Retype

    -> Tekan tombol Ctrl + Z / Ctrl + Y

  16. Mengeblok satu baris

    -> Tekan tombol Shift + anak panah ke bawah

  17. Mengeblok satu kata

    -> Tekan tombol Shift + Ctrl + Anak panah kanan / kiri

  18. Mengeblok semua

    -> Tekan tombol Ctrl + A

  19. Format Font

    -> Tekan tombol Ctrl + D

  20. Membuat jarak spasi 1

    -> Tekan tombol Ctrl + 1

  21. Membuat jarak spasi 1,5

    -> Tekan tombol Ctrl + 5

  22. Membuat jarak spasi 2

    -> Tekan tombol Ctrl + 2

  23. Membuat teks miring

    -> Tekan tombol Ctrl + i

  24. Membuat teks tebal

    -> Tekan tombol Ctrl + B

  25. Membuat garis bawah

    -> Tekan tombol Ctrl + U

  26. Membuka file

    -> Tekan tombol Ctrl + O

  27. Menutup lembar kerja

    -> Tekan tombol Alt + X

  28. Menutup microsoft word

    -> Tekan tombol Alt + F4

  29. Merubah teks menjadi uppercase / lowercase

    -> Tekan tombol Ctrl + F3

  30. Membuka Go To

    -> Tekan tombol Ctrl + G

  31. Mencari teks

    -> Tekan tombol Ctrl + F

  32. Mereplace teks

    -> Tekan tombol Ctrl + H

  33. Membuat teks rata kiri

    -> Tekan tombol Ctrl + L

  34. Membuat teks rata kanan

    -> Tekan tombol Ctrl + R

  35. Membuat teks center

    -> Tekan tombol Ctrl + E

  36. Mengembalikan format font ke default

    -> Tekan tombol Ctrl + Spasi.

  37. Membuat dokumen baru

    -> Tekan tombol Ctrl + N

Demikianlah beberapa trick cepat dalam belajar Ms. Office Word yang bisa saya bagikan. Jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan pesan di bawah postingan ini atau bisa juga e-mail kami di Zonateknologi.id

Semoga sedikit ilmu yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk anda para pembaca. terimakasih