Melanjutkan dari pembahasan sebelumnya, kali ini kita akan mencoba belajar Rumus Excel SUM yang lebih kompleks lagi yaitu – Bagaimana cara menjumlahkan di excel? Cara menjumlah di excel yang umum digunakan adalah dengan menggunakan Fungsi SUM.

Fungsi SUM adalah fungsi excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen.

Dengan kata lain fungsi dari rumus sum excel adalah rumus excel yang digunakan untuk menjumlahkan data dan angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.

Cara menghitung jumlah di excel dengan rumus SUM bisa berbentuk range, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi excel yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh setiap pengguna microsoft Excel.

Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi/rumus SUM excel untuk menjumlahkan sebuah data? Tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi SUM pada Excel untuk menjumlahkan sebuah data.

CONTOH RUMUS SUM EXCEL

Silahkan perhatikan beberapa contoh fungsi SUM di excel berikut ini :

  • Contoh Rumus SUM Excel 1

Pada contoh pertama diatas rumus sum yang digunakan pada cell C3 adalah:

menjumlahkan range A2:A6 seperti diatas dengan rumus SUM seperti ini:

Rumus excel diatas menjumlahkan setiap nilai sel pada range A2:A6. Hasilnya adalah 360.

Selain menggunakan rumus diatas, Anda juga dapat menjumlahkan setiap nilai pada sel A2, A3, A4, A5 dan A6. Hasilnya adalah 360.

  • Contoh Rumus SUM Excel 2

Pada contoh ke-2 ini rumus sum digunakan untuk melakukan penjumlahan range yang berbeda kolom.

Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai sel yang ada di dua range berbeda yakni A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya adalah 710.

Jika range-range yang berbeda ini tidak terpisah oleh kolom lain anda juga bisa melakukan penjumlahan dengan rumus seperti ini:

Rumus diatas melakukan penjumlahan setiap nilai sel yang ada range A2:B6. Hasilnya dalah 710.

  • Contoh Rumus SUM Excel 3

Selain melakukan penjumlahan nilai angka pada sebuah sel atau range data. Fungsi SUM juga bisa digunakan untuk menjumlahkan nilai dari hasil fungsi atau rumus excel yang lain.

Pada Cell D3 di atas, rumus excel yang digunakan adalah:

Pada rumus excel diatas Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sebuah sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai maksimal (Tertinggi) pada range A2:A6 dengan nilai maksimal (Tertinggi) pada range B2:B6. hasilnya adalah 200+100 = 300

Pada rumus kedua pada cell D4, rumusnya:

Pada rumus diatas Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari sebuah sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai minimal(terendah) pada range A2:A6 dengan minimal(terendah) pada range B2:B6. hasilnya adalah 25:50 = 75

CATATAN DALAM MENGGUNAKAN FUNGSI SUM

Saat menggunakan fungsi SUM pada sebuah rumus excel, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
Jika argumen pada fungsi SUM adalah array atau referensi sel/range, hanya nilai angka di dalam array atau referensi itu yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, atau teks dalam array atau referensi diabaikan.

Perhatikan contoh rumus fungsi SUM berikut:

jika argumen adalah nilai kesalahan, atau sebuah teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka, Microsoft Excel akan menampilkan pesan error

Bagaimana jika menghendaki menjumlahkan data dengan kriteria atau syarat tertentu?

Untuk melakukan penjumlahan atau menambahkan nilai angka dengan syarat atau kriteria tertentu maka gunakanlah fungsi SUMIF atau SUMIFS.

Demikian pembahasan cara menggunakan fungsi SUM Excel kali ini. Semoga bermanfaat yah mann temannn..!!