menjalankan aplikasi secara remote zona teknologi informasi
menjalankan aplikasi secara remote zona teknologi informasi

Meskipun kita sudah sering menggunakan microsoft excel tapi terkadang ada beberapa tips dan trik yang belum kita ketahui. Padahal, tips dan trik tersebut kalau kita kuasai akan sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Nah, Berikut ini saya tunjukkan beberapa Trick cepat dalam menjalankan microsoft excel yang mungkin kamu belum mengetahuinya.  Tips dan Trik Microsoft excel ini saya bagi ke dalam dua kelompok. Pertama tips trik menggunakan Windows dan yang kedua tips trik menggunakan Mac.

Oke, langsung aja kita simak Jurus jitu menghilangkan proteksi pasword pada microsoft excel berikut ini.

Langkah Pertama :

Ubah berkas Excel menjadi folder ZIP. Untuk mengubahnya:

  • Windows— Klik kanan berkas Excel, pilih “Rename”, hapus teks “xlsx” di akhir nama berkas, dan tikkan zip. Pastikan Anda menyisipkan titik di antara nama berkas dan ekstensi “zip”. Tekan tombol ↵ Enter, kemudian klik “Yes” ketika diminta.
  • Mac— Klik berkas Excel, pilih “File”, klik “Get Info”, hapus ekstensi “xlsx” di akhir nama berkas, dan tikkan zip. Pastikan Anda menyisipkan titik di antara nama berkas dan ekstensi “zip”. Tekan tombol ⏎ Return, kemudian klik “Use .zip” ketika diminta.

Langkah Kedua :

Ekstrak folder ZIP. Proses ini sedikit berbeda, tergantung kepada sistem operasi komputer yang digunakan:

  • Windows— Klik kanan folder ZIP, klik “Extract All…” pada menu drop-down, dan klik “Extract” ketika diminta. Folder yang sudah diekstrak akan dibuka.
  • Mac— Klik dua kali folder ZIP, kemudian tunggu hingga folder yang sudah diekstrak dibuka.

Langkah Ketiga :

Buka folder “xl“. Klik dua kali folder ini yang tersimpan di dalam folder hasil ekstraksi awal.

  • Jika folder hasil ekstraksi tidak terbuka karena beberapa alasan, klik dua kali folder biasa dengan nama yang sama dengan folder ZIP terlebih dahulu.
  • Buka folder “worksheets“.Folder ini berada di bagian atas folder “xl“.

Langkah Keempat:

Buka lembar lajur pada program penyunting teks. Ikuti salah satu langkah berikut sesuai sistem operasi yang digunakan:

  • Windows— Klik kanan lembar lajur yang ingin dibuka (mis. “Sheet1“), pilih “Open with” dari menu drop-down, dan klik “Notepad” dari menu pop-out yang ditampilkan.
  • Mac — Klik lembar yang ingin dibuka (mis. “Sheet1“), klik “File”, pilih “Open With”, dan klik “TextEdit”.

Hilangkan kode perlindungan kata sandi. Cari segmen “sheetProtection” yang berada di dalam tanda kurung “< >”, kemudian hapus entri apa pun dari “<sheetProtection” hingga kurung tutup (“/>”) di ujung algoritma perlindungan lembar lajur.

Simpan perubahan dan tutup program penyunting teks. Tekan tombol Ctrl+S(Windows) atau ⌘ Command+S (Mac), kemudian klik tombol “X” (atau lingkaran merah pada komputer Mac) di ujung jendela program.

Langkah Kelima :

Salin folder “worksheets“. Klik tombol “Back” untuk kembali ke folder “xl“, kemudian klik folder “worksheets” dan tekan tombol Ctrl+C (Windows) atau ⌘ Command+C (Mac).

Buka folder ZIP. Klik dua kali folder ZIP yang sebelumnya dibuat.

Langkah Keenam :

Ganti folder “worksheets” pada folder ZIP dengan folder yang sudah disalin. Kunjungi lokasi folder “worksheets” pada folder ZIP dengan mengeklik dua kali folder “xl“, kemudian hapus folder “worksheets“. Klik ruang kosong pada folder yang terbuka saat ini, kemudian tekan tombol Ctrl+V (Windows) atau ⌘ Command+V (Mac). Folder “worksheets” baru yang sebelumnya disalin akan ditempelkan ke folder ZIP.

Ubah kembali folder ZIP menjadi berkas Excel. Tutup folder ZIP, kemudian ikuti salah satu langkah berikut:

  • Windows— Klik kanan folder ZIP, klik “Rename”, ganti teks “zip” dengan ekstensi “xlsx”, dan tekan tombol ↵ Enter. Klik “Yes” ketika diminta.
  • Mac— Klik folder ZIP, klik “File”, pilih “Get Info”, ganti teks “zip” pada judul berkas dengan ekstensi “xlsx”, dan tekan tombol ⏎ Return. Klik “Use .xlsx” ketika diminta.

Buka lembar lajur Excel. Klik dua kali lembar lajur Excel, kemudian sunting sesuai kebutuhan.

Jika Anda menerima pesan galat bahwa lembar lajur Excel rusak, mungkin Anda menghapus kode tambahan ketika mencoba menghilangkan algoritma proteksi kata sandi. Ulangi langkah-langkah di atas dan pastikan Anda hanya menghapus teks atau entri di dalam tanda kurung (</>), dan tanda kurung itu sendiri.

demikian dari zonateknologi.id “ingat gunakan dengan bijak yah”, semoga bermanfaat mannn temannn.. !!